Tak Terima Gaji 4 Bulan, Karyawan BDMU Bungo Unjuk Rasa Di Nakertrans

PERISTIWA470 views
Spread the love

FaktaBungo.com – Belasan karyawan PT. Bungo Dani Mandiri Utama (BDMU)/BUMD Bungo mendatangi kantor Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Rabu (01/07/2020).

Kedatangan seluruh karyawan BDMU ini, untuk mengajukan pengaduan terkait adanya Hak Karyawan yang belum dibayarkan oleh PT. Bungo Dani Mandiri Utama (PT.BDMU) / BUMD, yang beralamat di Jalan Prof. M. Yamin, SH  RT. 09/02 No. C14 – C15 Komplek Wiltop Bungo Plaza.

Adapun permasalah yang diadukan oleh seluruh karyawan, yakni gaji karyawan yang belum dibayar oleh Perusahaan selama  4 bulan yaitu bulan Maret, April, Mei dan Juni 2020.

“Selain itu, Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2020 dan iuran BPJS Ketenaga Kerjaan dan BPJS kesehatan juga belum dibayarkan bang, tu mangkanya kami ke sini mau minta keadilan bng,” ungkap Ading Sandiko, salah satu karyawan BDMU.

Dijelaskannya, pada tanggal 08 Juni 2020, Direktur Utama Mengadakan Rapat dengan Karyawan  PT. BDMU dan mengambil keputusan untuk membayar Honor Karyawan sebesar Rp. 1.000.000,- dan ini  bertentangan dengan Undang – undang Nomor 13 tahun 2003 Pasal 90, menegaskan bahwa Pengusaha dilarang membayar Upah lebih rendah dari ketentuan Pemerintah ( Upah Minimum sebagaimana dimaksud dalam pasal 89 ).

“Maka kami selaku Pekerja berhak untuk meminta agar dipenuhi Hak – hak kami  (Gaji yang belum dibayarkan dan Tunjangan Hari Raya) serta kejelasan status kami saat ini  dan sisa jam kerja kami. Selanjutnya, dengan belum dibayarnya Upah / Gaji  sesuai ketentuan yang berlaku, kami mengalami kerugian baik materi maupun immateril,” ujarnya.

Lebih lanjut Ading berharap Dinas Ketenagakerjaan selaku pejabat Negara yang diberikan kewenangan melakukan Pengawasan terhadap Ketenagakerjaan,  untuk segera memproses pengaduan ini dan melakukan tindakan.

“Kami berharap Disnakertran bisa membantu kami dalam menyelesaikan permasalahan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Nakertrans Analukita melalui Kabid Ketenagakerjaan Santos Samosir membenarkan, terkait adanya laporan karyawan PT BDMU Bungo. “Benar, hari ini kita telah menerima laporan dari karyawan PT BDMU, terkait laporan tersebut, kita akan pelajari dan akan kita tindak lanjuti, dan selanjutnya akan kita panggil pihak perusahaan PT. BDMU untuk kita lakukan mediasi atas kedua belah pihak,” pungkasnya