Baru 2 Bulan Di Kukuhkan Karang Taruna Kabupaten Bungo Gelar Rakerda Periode 2020-2025

BUNGO, DAERAH434 views
Spread the love

FaktaBungo.com – Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kabupaten Bungo gelar rapat kerja tahunan tingkat se-Kecamatan dalam Kabupaten Bungo.

Rapat kerja daerah berlangsung bertempat di Aula Kantor TPH &Bun Kabupaten Bungo, Rabu pagi, (14/10).

Rapat tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Sosial Bungo Yos Armi yang didampingi langsung ketua Karang Taruna Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi,SP.M.Si dan disaksikan Anggota Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Jumiwan Aguza.

Yos Army : Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bungo.

Dalam sambutannya Yos Armi, menyampaikan, Karang Taruna yang memiliki peran strategis sebagai salah satu komponen organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang sampai ke desa-desa/kelurahan.

“Dirinya mengakui bahwa selama dirinya menjadi kepala dinas Sosial karang taruna yang hanya aktif karang taruna tingkat Desa,”Ujarnya.

Ia berharap, program kerja Karang Taruna Kabupaten Bungo dapat bersatu padu dalam upaya memadukan dan berkelanjutan program dalam rangka mendukung pembangunan generasi muda dan kreatifitasnya dalam bermasyarakat.

” Diharapkan mampu memberikan nilai dan sentuhan secara objektif langsung ke masyarakat dengan program kerja yang menjadi prioritas yakni penataan kelembagaan Karang Taruna mulai dari tingkat Kota, Kecamatan hingga ke tingkat desa,” imbuhnya.

Muhammad Hasbi: Ketua Karang Taruna Kabupaten Bungo

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi,SP.,M.Si  menuturkan, Raker ini guna untuk terwujudnya sinegritas program dengan kebijakan pemerintah, karena posisi Karang Taruna sebagai mitra pemerintahan dalam upanya penanganan permasalah sosial.

Sedangkan tujuan dilaksanakan Raker ini juga untuk mengevaluasi kegiatan Karang Taruna yang telah dilaksanakan dan membahas program kerja Tahun 2020 serta menjadi wadah koordinasi program antara Karang Taruna Kota, kecamatan, dan desa/kelurahan agar tercipta sinkronisasi program kerja.

“Dengan dilaksanakan Raker ini kami berharap akan tersusun program kerja yang lebih baik dan bermanfaat bagi anggota serta masyarakat yang searah dengan kebijakan pemerintah khususnya dibidang kesejahteraan sosial,” imbuhnya.

Jumiwan Aguza : Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Bungo

Jumiwan Aguza selaku Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT)mengatakan, Kita sebagai pemuda harus punya prinsip untuk membangun. Pemuda sebagai makhluk sosial harus memikirkan apa yg harus diberikan kepada bangsa, khususnya daerah yang kita cintai ini yaitu Kabupaten Bungo pada umumnya dan 17 Kecamatan dalam Kabupaten Bungo pada khususnya.

Kedepan saya ingin merangkul pengurus pengurus karang taruna, stakeholder terkait untuk bersinergi dalam rangka membangun untuk daerah kita ini terutama dalam membantu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.

“Ingat kita sudah tahu posisi Karang Taruna itu bagian dari PSKS(Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) bukan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Maka dari itu Karang taruna hadir di masyarakat harus datang sebagai solutif yang dimana harus mandiri dan lebih kreatif bukan hanya menunggu bantuan saja,”Katanya.

Adapun bantuan berupa dana dari pemkab atau pusat yah itu kedepan juga harus kita gunakan secara bijak. “Tandasnya.

Saya akan bantu dana di paripurna mendatang untuk Karang Taruna Kabupaten Bungo.

 

“Saya mengapresiasi pengurus karang taruna Kabupaten Bungo ini yang dimana baru terbentuk bulan kemarin sudah langsung merumuskan program dan di tuangkan dirapat kerja. “Imbuhnya

Dalam rapat kerja ini, diadakan sarasehan bersama anggota, dan akan diuraikan pemaparan materi kedepannya.