Hadir Di Acara Pra-Penas 2022 Di Makasar, Bupati Bungo Tunjukan Beras Bungo

Spread the love

FAKTA BUNGO – Bupati Bungo H.Mashuri didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bungo Dr.Hj. Verawaty Mashuri.,M.Pd beserta kepala dinas terkait dan istri menghadiri Pembukaan Pra-Penas (Pekan Nasional) Petani dan Nelayan di Lapangan Pallantikang, Kompleks Perkantoran Bupati Maros Sulawesi Selatan yang akan berlangsung  25-27 Juni 2022.

Penyelenggaraan kegiatan Pra-Penas 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, dengan mengusung tema “Memantapkan Penguatan Komoditi Lokal Untuk Kemandirian Pangan”.

Turut hadir pada acara pembukaan Pra-Penas di Maros yaitu Bupati Bungo, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Ketua dan Sekretaris KTNA Provinsi Jambi serta beberapa peninjau, pendamping dan peserta utama masing -masing Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.

Pra-Penas tahun 2022 menghadirkan 5.000 peserta  yang berasal dari 33 provinsi diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan  antara lain : rembuk utama, temu wicara, temu profesi, dan pameran serta promosi produk UMKM yang berasal dari tiap daerah, kabupaten, dan provinsi.

Pra-Penas merupakan ajang pertemuan antara petani nelayan dan juga sebagai wadah belajar mengajar, tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman serta pengembangan kemitraan.

Melalui Pra-Penas diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan,

dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan,

Bupati Bungo H.Mashuri SP.ME  Bahwa peserta utama yang diberangkatkan, adalah petani yang berhasil diseleksi sesuai kriteria yang disepakati dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bungo.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Bungo Menunjukkan beras asal Kabupaten Bungo kepada panitia yang di tunjuk dalam agenda tersebut.

lebih lanjut Mashuri menambahkan “bahwa Pra-Penas yang dilaksanakan di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan dan merancang kegiatan Penas XVI Tahun 2023 di Kota Padang Sumatera Barat”

Agenda utama Pra-Penas ini meliputi konsolidasi antarpetani dan nelayan, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, hingga membahas potensi perikanan dan kehutanan yang dari tiap daerah se-Indonesia.

“Salah satu tujuan digelarnya pra-penas KTNA Tahun 2022 atau (Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan) ini adalah untuk memotivasi dan menggairahkan petani-nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku agrobisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan,”Imbuhnya.(FB)