Ketua TP PKK Kabupaten Bungo Hadiri Rakornas Di Jakarta

Berita, JAKARTA124 views
Spread the love

FAKTA JAKARTA – Ketua TP PKK kabupaten Bungo Bali, Ny. Dr.Vesrawati Mashuri.,M.Pd  secara langsung menghadiri Rapat Koordinasi Nasional TP PKK Tahun 2022, bertempat di JIEXPO Convention Centre, Jakarta, pada Senin (28/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tahun 2022. Dalam sambutannya, Ibu Iriana menyampaikan, penyelenggaraan rakornas dilakukan guna menyelaraskan pencapaian target program agar gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga pencapaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Ibu Iriana.

Dalam menghadapi krisis pangan yang saat ini terjadi, menurut Ibu Iriana, sejumlah program dapat dilakukan oleh penggerak PKK seperti penguatan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga dengan gerakan menanam tanaman yang bermanfaat bagi konsumsi keluarga. Ibu Iriana berharap para anggota PKK dapat terjun langsung ke wilayah masing-masing untuk meninjau pelaksanaan program di lapangan.

“Saya berharap untuk penanaman toga (tanaman obat keluarga) juga dilanjutkan kembali karena sekarang adanya pandemi ini tanaman toga sangat bermanfaat bagi kita semuanya,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana juga mendorong para anggota penggerak PKK untuk dapat menjaga ketahanan dan kesehatan keluarga dengan meningkatkan daya tahan tubuh seperti dengan berolahraga dan menjaga pola makanan sehat. Selain itu, Ibu Iriana juga meminta para anggota PKK membangun solidaritas antar tetangga dengan memperkuat semangat gotong royong.

“Membangun solidaritas dan kepedulian sosial antar tetangga, antar kampung, antar sesama dengan memperkuat semangat saling membantu dan bergotong-royong,” kata Ibu Iriana.

Usai mengikuti pelaksanaan Rakornas TP PKK Tahun 2022, Dr.Verawati Mashuri menyampaikan, bahwa program kegiatan PKK di daerah terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan keluarga diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan perangkat daerah terkait.

Ia menyampaikan bagaimana nantinya memaksimalkan peran dari Tim Penggerak PKK dalam rangka optimalisasi terhadap pendapatan keluarga.

Kemudian terkait dengan sikap yang harus diterapkan oleh Tim Penggerak PKK untuk ikut serta dalam bersikap serta beretika terhadap penggunaan media sosial serta dalam mensosialisasikan media sosial kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan media sosial secara baik dalam menyebarluaskan informasi.

“Tentunya diharapkan Tim Penggerak PKK dapat menyebar luaskan informasi dan ikut serta di dalam pembangunan masing-masing di Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Sebagai informasi kegiatan pelaksanaan Rakor tingkat nasional tahun 2022 dilaksanakan selama 2 hari mulai dari 28 hingga 29 November 2022 yang dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian Tim Penggerak PKK Pusat, Ketua Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.(FB)