Pileg 2024 Di Kabupaten Bungo Banyak Incumben Yang Kalah, Ini Kata Hermanto Politisi Partai Gerindra

Berita, BUNGO, POLITIK2,391 views
Spread the love

FAKTA BUNGO – Banyaknya Caleg (Calon Legislatif) Incumben DPRD Kabupaten Bungo yang bertumbangan pada Pemilihan legislatif (Pileg) 2024 membuat sebagian masyarakat bertanya-tanya.

Banyak masyarakat yang menilai caleg petahana sebagai sosok yang paham dan teruji strategi nya dalam mendulang suara di dapil nya masing-masing. Namun, pada pileg 2024 ini hasil dari penghitungan suara banyak caleg petahana yang justru tumbang dan menjadi sebuah hal yang mengherankan.

Menanggapi hal tersebut, Hermanto Politikus dari Partai Gerindra dan juga pernah duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Bungo periode 2014-2019 yang lalu, menilai pasca pileg 2024 ini banyaknya petahana di DPRD Kabupaten Bungo yang tidak terpilih kembali di latar belakangi sejumlah faktor.

Ia menyebutkan , salah satu faktornya yaitu, masyarakat menginginkan hadirnya wajah baru di kursi parlemen.

” Kalau banyaknya wajah baru, terutama dari kaum milenial,karena memang biasanya masyarakat ingin maju wajah baru di DPRD Kabupaten Bungo,”ujarnya.

Keinginan hadirnya idola baru tersebut, kata Hermanto, dilandasi kejenuhan dan kebosanan masyarakat terhadap caleg petahana lantaran aspirasinya tidak tersalurkan dan terealisasikan dengan baik.

“Bisa jadi bosan, ketika saluran aspirasi mereka tidak terealisasi kan yang akhirnya konstituen ingin ada idola baru (Wajah baru) yang mewarnai parlemen di DPRD Kabupaten Bungo. Harapan mereka ada perubahan dalam kinerja DPRD yang signifikan.,”katanya Rabu pagi (21/02/2024).

Hermanto mengungkapkan, faktor selanjutnya yang turut mempengaruhi terpilihnya wajah-wajah baru di kursi DPRD Kabupaten Bungo ini tak terlepas dari kelihaian mereka dalam ber partai politik dalam meracik strategi dan kejelian membaca potensi caleg yang diusung.

“Kemudian ternyata dari partai politik ini juga memiliki beberapa kunci, di antaranya dalam menjalankan politiknya kepada caleg-caleg yang potensial di dapilnya dan mesin partai nya jalan,”ungkapnya.

Faktor lainnya yang tak kalah mempengaruhi para pemilih, yakni nama besar dan pengaruh dari sang ketua partai politik yang ikut berkontestasi dan mengusung caleg-calegnya pada Pileg 2024.

“Ketokohan dari ketua partai sendiri ini juga kunci suksesnya partai politik dalam mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Bungo,” katanya lagi.

Hermanto memprediksi, dengan terpilihnya banyak wajah-wajah baru sebagai anggota DPRD Kabupaten Bungo dapat lebih mewarnai demokrasi, asalkan mereka terus belajar tentang bagaimana mengelola pemerintahan yang baik dan benar.

“Mereka para caleg muda harus tetap belajar ilmu politik, khususnya dalam pengelolaan pemerintahan, baik dari para incumbent yang duduk kembali di DPRD dan juga dari literatur karena mereka belum pernah duduk di DPRD. Kalau mereka mau belajar, insya Allah mereka dapat menjalankan fungsi dewan sebagai fungsi pengawasan, budgeting dan legislasi,” Tutupnya.

Berikut Caleg Muda yang berpotensi duduk di DPRD Kabupaten Bungo Periode 2024-2029.

 

1. Muhammad Adani Dari Partai NasDem.

2. Edo Mayzaki Dari Partai Demokrat.

3. Dedi Hardani 

4. Muhammad  Salman Alfarizi Dari Partai Demokrat

5. Mutia Sari,S.IP dari Partai NasDem.

6. Teddy Sutari Dari Partai PKB