Ketua Dekranasda Didampingi Dinas Kop.UKM. & Perindag Bungo Membuka Dan Menutup Kegiatan Bimtek Pengrajin Batik Dan Ketrampilan Tata Rias Wajah

Spread the love

FAKTA BUNGO – Dinas Koperasi, UKM & Perindag menggelar Bimtek membatik bagi pengrajin batik guna meningkatkan dan kualitas Batik Bungo. Kegiatan tersebut di gelar di Saung Kuring, dan juga menutup pelatihan keterampilan tata rias wajah (MUA) bagi calon wirausaha melalui Dana DiD tahun 2023, Senin (29/05/2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 orang bagi pembatik, selain itu juga kegiatan ini sebagai upaya regenerasi  pembatik yang akan meneruskan dan memperkenalkan batik khas daerah, khususnya Batik Bungo dan dihadiri oleh ketua Dekranasda Kabupaten Bungo Dr.Hj.Verawati Mashuri.,M.Pd beserta rombongan, Kepala Bidang Dinas Koperasi, UKM Perindag Kabupaten Bungo serta peserta membatik.

Kepala Bidang Industri Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Bungo Sisanti dalam laporannya mengatakan, Kami sampaikan dan  kami laporkan.

1. Dasar dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bersumber dari  DPA DID non fisik Dinas koperasi UKM perindustrian dan perdagangan Kabupaten Bungo tahun 2023.

2.Tujuan dari pelatihan ini adalah tujuan pelaksanaan yang pertama melatih peserta pembatik agar memiliki pengetahuan tentang bagaimana membuat pola pada batik dan pewarnaan indigosol yang sebelumnya kita di Kabupaten Bungo menggunakan penggunaan rheumasol, yang kedua melatih IKM batik agar mampu bertindak mendirikan usaha yang layak dan memanfaatkan peluang yang ada, yang ketiga melatih mengembangkan SDM batik yang mampu menciptakan kesempatan Dalam berusaha, yang keempat meningkatkan pengetahuan dan keahlian IKM batik dalam bersaing dengan pembatik nasional.

Peserta kegiatan bimtek batik ini sebanyak 25 orang yaitu dari seluruh perajin di seluruh kabupaten Bungo.

3. Pelatihan pelaksanaan dilaksanakan selama 6 hari yaitu dari hari Senin sampai hari Sabtu tanggal 29 Mei sampai 3 Juni 2023.

4. Fasilitas yang diberikan kepada peserta yang pertama ATK, konsumsi selama pelatihan yang kedua, peralatan untuk pengembangan usaha berupa panci dan kompor satu tungku kepada masing-masing peserta.

5 Narasumber yaitu didatangkan dari Jambi yaitu ibu Soraya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Koperasi, UKM & Perindag Ir.Supriyadi mengatakan,  pada hari ini kita melaksanakan pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) membatik. Di mana pada kesempatan ini para pembatik kita tingkatkan pengetahuannya dalam masalah pewarnaan.

“Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kualitas batik itu sendiri, dan kita datangkan guru dari kota Jambi, sebelumnya guru yang kita datangkan ini mengikuti Instruktur dari Bandung, jadi kita berharap dengan penambahan pengetahuan, dan kualitas, Ujar Ir.Supriyadi.

Ia menambahkan Batik Bungo bisa menjadi lebih baik hanya perbedaannya dalam hal pewarnaan, nanti secara teknis juga pada kesempatan ini kita hadirkan peserta pelatihan tata rias di mana bagian ini telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

” Disamping Kegiatan Bimtek hari ini kita tutup juga keterampilan tata rias, kita berharap untuk acara ini mereka adalah para pemula kita, kita mengharapkan bahwa setelah latihan ini mereka bisa mandiri untuk berwirausaha di bidang tata rias, kedepan bagi yang yang punya bahkan dan menjadi wirausaha sejati di bidang tata rias ini bisa menjadi bagian pengantin dan lain sebagainya,”Kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Bungo Ir.Supriyadi.

Tak jauh apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Bungo, ketua Dekranasda Kabupaten Bungo Dr.Hj.Verawati Mashuri,M.Pd juga menyampaikan dalam sambutannya, Apresiasi telah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas koperasi UKM dan perindag.

Ini adalah kesekian kalinya diadakan kegiatan-kegiatan pelatihan, dan tentu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan untuk memberdayakan khususnya bagi memberdayakan perempuan melalui pelatihan-pelatihan yang diharapkan tentu tidak hanya selesai sampai di sini.

“Tentu kita harapkan ada sesuatu manfaat dan bernilai ekonomis, nantinya bagi bu-ibu yang mengikuti pelatihan make up tentu setidaknya untuk diri sendiri,bahkan nanti bisa menjadi suatu usaha bagi kita terutama yang nanti ke dusun-dusun,”Ujarnya.

Kalau untuk membatik ini sepertinya levelnya sudah meningkatkan kualitas batik, Ketua Dekranasda Bungo memberitahukan kepada ibu Soraya sebagai instruktur membatik yang datangkan dari kota jambi.

“Kami di Bungo melalui dinas perindag ini sudah berulang kali, tidak hanya di Kabupaten Bungo saja tetapi kita kirim calon-calon pembatik dan juga pembatik yang sudah berusaha itu sampai ke Padang dan juga sampai ke Medan,”Katanya.

Ketua Dekranasda berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini kita harapkan bisa menopang membantu ekonomi keluarga, biasanya memang yang dikirim itu adalah ibu-ibu atau remaja putri yang diharapkan bisa dan mau untuk bisa meneruskan ilmunya, meningkatkan kesejahteraan usaha dengan cara menciptakan usaha sendiri.

“Verawati Mahsuri menambahkan Buka usaha itu tidak perlu ijazah, tidak perlu latar belakang pendidikan, kalau kita melamar pekerjaan biasanya perlu proposal, biodata kita CV kita ya kan yang kualified dengan pekerjaan yang mau kita lamar, tetapi kalau membuat usaha sendiri itu hanya modal keinginan dan semangat, usaha itu butuh semangat dan keinginan yang kuat tentu harus ada modalnya bukan uang saja modalnya tetapi juga kemampuan diri sendiri,”Ucapnya.