5 Warga Kelurahan Bungo Timur Sukses Ikuti Pelatihan Membatik

BUNGO, DAERAH1,022 views
Spread the love

FaktaBungo.com – Sebanyak 5 warga Kelurahan Bungo Timur, Kecamatan Pasar Muara Bungo, mengikuti pelatihan membatik di Balai Latihan Kerja (BLK) tepatnya di penjahit Katrin. Kegiatan ini dalam rangka pembinaan industri kecil dan menengah. Jumat (14/08)

Lurah Bungo Timur, Zahari, menjelaskan, pelatihan ini merupakan realisasi kegiatan Kelurahan Bungo Timur untuk kegiatan ditahun 2020. Kegiatn tersebut menggunakan dana alokasi umum (DAU) Kelurahan Bungo Timur.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut, agar tumbuh komunitas perajin batik di Kelurahan Bungo Timur, dengan harapan mampu menambah jumlah perajin batik di Kabupaten Bungo. Sekaligus dapat membantu perekonomian keluarga.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan membatik ini, dapat meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia. Apa lagi yang ikut pelatihan ini ibu-ibu, jadi bisa meningkatkan kreativitas peserta. Sehingga dapat membantu meringankan perekonomian keluarga,” ujarnya.

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari, sejak tanggal 10 – 14 Agustus 2020. Zahari menerangkan, para peserta dilatih membatik langsung dari para pakarnya, yakni penjahit Katrin dan dinas Perindagkop Kabupaten Bungo.

Materi yang diberikan meliputi teknik dasar membatik mulai dari pengenalan motif, teknik membatik sampai dasar pewarnaan.

Zahari berharap, semua peserta dapat menyerap ilmu dari para instruktur dengan baik, dan selanjutnya dapat dikembangkan sendiri di tempat masing-masing.

‘’Setelah pelatihan ini mereka tetap harus mau menimba ilmu pengetahuan tentang batik, baik dengan cara magang kepada perajin yang sudah ada ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan lanjutan,’’ tuturnya. (Dhy)