Desa Sekar Mengkuang Gelar Pelatihan Lembaga Adat (LAM)

BUNGO, DAERAH810 views
Spread the love

FAKTABUNGO.COM – Pemerintah Desa Sekar Mengkuang Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo, menggelar kegiatan pelatihan penguatan adat istiadat seni tradisi dan budaya yang merupakan kegiatan perdana pada tahun 2021 dengan menghadirkan pemateri dari pengurus Lembaga Adat (LAM) Kabupaten Bungo. Rabu (01/03).

Bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan adat istiadat ini adalah melestarikan nilai luhur Seni dan Budaya. Serta tradisi Desa Sekar Mengkuang, secara khusus dan Kabupaten Bungo pada umumnya,

“ Melestarikan nilai luhur seni dan budaya yang mana kegiatan ini. Karena bertujuan untuk melestarikan adat istiadat yang hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, agar terus terpeliharan dan dilestarikan,” Ujar Datuk Rio Desa Sekar Mengkuang. Lukman,

Yang mana Kabupaten Bungo mempunyai adat kental dengan budaya tradisional yang harus dilestarikan. Ini adalah identitas kita, jangan sampai adat istiadat di Kabupaten Bungo tergerus dan punah.

“Kami sudah memberi beberapa materi termasuk tentang hukum Adat, Sejarah Adat, yang ada khususnya di jambi dan Khususnya lagi di Kabupaten Bungo. insyaallah apa yang kami berikan kepada peserta dapat mamahami dengan materi yang kami berikan dan hasilnya pun sudah puas dan cukup,” Ujar. Pengurus Lembaga Adat Kabupaten Bungo. Drs H. RIFAI ABTES, M.Si.

” Kami mengucapkan selamat datang kepada narasumber dari pengurus Lembaga Adat (LAM) Kabupaten Bungo, yang telah memberikan materi tentang adat istiadat, dan semoga ilmu yang di berikan kepada masyarakat Desa Sekar Mengkuang, bermanfaat bagi kita semuanya,” Ungkap. Ketua Lembaga Adat Desa Sekar Mengkuang. Edi Syahudin.

Pada pelatihan adat tersebut, turut hadir. Pengurus Lembaga Adat (LAM) Kabupaten Bungo, Drs H. Rifa’i Abtes, M.Si. bersama, Drs. H. Syargawi Ishak. MM, Datuk Rio Desa Sekar Mengkuang, Lukman beserta jajarannya, Ketua BPD Desa Sekar Mengkuang, Yusherman beserta jajarannya, Ketua Lembaga Adat (LAM) Desa Sekar Mengkuang, Edi Sahyudin beserta jajarannya, Pengurus Lembaga Adat (LAM) Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Ibrahim. S.pdi, dan Imam masjid Baiturrahman, Desa Sekar Mengkuang, Zulfahmi, imam masjid Darussalam Desa Sekar Mengkuang, Lahmudin, serta tokoh masyarakat dan ninek mamak dan seluruh ketua RT Desa Sekar Mengkuang dan Pemuda Desa Sekar Mengkuang serta tamu undangan turut hadir semuanya. (Gus)