oleh

Wakil Ketua Komite IV DPD RI Dra.Hj.Elviana Jadi Pembicara kegiatan Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Untuk penanganan Covid-19 PPKM Mikro Di Desa Pada Kabupaten Bungo.

FAKTABUNGO.COM – Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME secara resmi membuka kegiatan Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Untuk penanganan Covid-19 PPKM Mikro Di Desa Pada  Kabupaten Bungo.

Acara workshop tersebut bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bungo, Kamis (11/06/2021).

Kegiatan workshop ini dengan mengusung Tema : “Penggunaan  Dana Desa Yang Transparan dan Akuntabel untuk penanganan Covid-19 dan PPKM Mikro Di Desa”.

Turut hadir dalam Workshop tersebut, Wakil Ketua Komite IV DPD RI Dra.Hj.Elviana,M.Si, kepal BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi, Staff Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, para Kabag, para camat, dan para Datuk Rio/Kades yang sempat hadir.

Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME dalam sambutannya mengatakan kegiatan workshop ini untuk meningkatkan koordinasi seluruh stakeholder dan evaluasi terhadap pelaksanaan penyaluran serta penggunaan dana desa.

Workshop ini dapat memberikan pemahaman kepada kepala desa terhadap penggunaan dana desa,berdasarakan peraturan mentri desa,pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Dengan adanya workshop ini,semoga bisa menambah wawasan dan ilmu untuk kepala desa dan perangkatnya agar bisa lebih baik lagi dalam mengelola keuangan desa ditengah mewabahnya pandemi Covid-19 ini.

Lebih lanjut dikatan H.Mashuri ,prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk program kegaiatan percepatan pencapaian ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi berskala nasional sesuai kewenangan desa serta adaptasi kebiasan baru desa.

Selain Itu juga,dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19,Pemerintah Kabupaten Bungo melalui desa telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa sesuai amanat Permendes Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Pengguanaan Dana Desa Tahun 2021.

Diakhir sambutannya Bupati Mashuri mengucapkan terimakasih atas berkat dan dukungan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada Kecamatan dan Desa, sehingga dalam pelaksanaan penyaluran BLT dana desa dapat berjalan secara cepat,tepat,dan terpadu sebagai uapaya penanganan dampak ekonomi Covid-19,”Tutupnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komite IV DPD RI Dra.Hj.Elviana.,M.Si juga menjelaskan, ” sebelum saya duduk di komite IV RI, saya duduk di komisi XI DPR RI yang mana mitra kerjanya tetap sama dengan komite IV DPD RI, yaitu mitra kerja tentang penggunaan dana Desa cuma ada tambahan dengan menteri koperasi dan UKM.

Pengawasan terhadap penggunaan dana desa oleh BPD dalam khususnya dalam pembangunan desa khusus dalam masa pandemi covid 19 yang berkaitan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau dengan PP berkaitan dengan profesi yang masyarakat pasti program-programnya berkaitan dengan vaksin.,”Ucapnya.

Menurut Elviana karena sisi yang paling tampak dari Covid 19 yaitu fungsi ekonomi ditengah-tengah masyarakat.

 

 

 

 

 

News Feed