Datin Purwobakti Lenny Maryani S Mewakili Pulau Sumatera Terpilih 10 Kepala Desa Perempuan Inspiratif se-Indonesia

Berita, BUNGO, NASIONAL739 views
Spread the love

FAKTA BUNGO – Perempuan tidak lagi menjadi kaum terbelakang dengan stereotip lama yang mengekang. Sebagai contoh, perempuan yang dulu identik dengan tiga hal yaitu: dapur, sumur, dan kasur.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perempuan memiliki peluang serta tantangan untuk tumbuh dan berdaya saing. Keberadaan perempuan pada dunia bisnis, pendidikan, politik, bahkan pemerintahan saat ini mulai menjadi perhatian dan pertimbangan.

Hal itu dibuktikan Lenny Maryani S, Am.Kep, yang saat ini menjabat sebagai Datin Rio ( Kepala Desa) Purwobakti Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo

Bagaimana tidak, Lenny Maryani S,Am.Kep terpilih sebagai Kepala Desa Perempuan Inspiratif tahun 2022.

Meski Lenny Maryani tidak dinobatkan sebagai juara, tetapi ia bisa membuktikan diri jika kapabilitasnya tidak kalah dengan para kepala desa perempuan lainnya, dan Lenny Maryani berhasil masuk 10 kepala desa perempuan terbaik se-Indonesia.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil penilaian verifikasi lapangan lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif tahun 2022 nomor: 362/PDP.02.03/XI/2022 tgl 28/11/2022. Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan.

“Sosok kepala desa perempuan itu bebannya ganda. Pertama mereka harus membuktikan diri mampu menjalankan segala tugas dan kewajiban sebagai seorang pemimpin, kedua mereka harus kuat melawan stereotip publik yang kerap kali memandang sebelah mata kepemimpinan mereka karena kebetulan berjenis kelamin perempuan,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat lalu (2/12/2022).

Sementara itu, Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME, sangat mengapresiasi keberhasilan Datin Rio Purwobakti kepala karena berhasil bersaing dengan para kepala desa perempuan se-Indonesia

“Ini pencapaian luar biasa, bahwa Datin Rio Purwobakti (Kades) berhasil menjadi 10 Kepala Desa Perempuan terbaik dan berada di urutan kelima secara nasional, dan satu-satunya di Pulau Sumatera

 

Bupati Bungo pun berharap bahwa Kepala Desa harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakatnya dan membuat inovasi yang bisa mengispirasi masyarakat yang dipimpinnya.

“Kepala desa sebagai seorang pemimpin harus melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai peraturan perundang-undangan, terus melakukan inovasi dan perubahan yang lebih baik untuk masyarakatnya,” tutupnya.Selasa,(06/12/2022)

(FB)