oleh

Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo Gelar Sosialisasi Kepemilikan Sertifikat Secara legal

FAKTABUNGO.COM – Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo melaksanakan pengabdian masyarakat (PKM) bekerja sama dengan Datuk Rio (Kades) se-kabupaten Bungo.

Tujuan melaksanakan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan layanan kepada Datuk Rio tentang kepemilikan sertifikat tanah.

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo Khaidir Saleh, Ketua Prodi Fakultas Hukum Nirmala Sari, Datuk Rio se Kabupaten Bungo yang sempat hadir atau mewakili, dan pengurus Desa, Selasa (08/06/2021).

Nirmala Sari,SH,MH selaku ketua Prodi Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo ketika diwawancarai mengatakan, ” Kami dari Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo menggelar sosialisasi tentang legalitas kepemilikan tanah.

Selain sosialisasi di gelar kami sekaligus ingin promosi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021 khususnya untuk di Fakultas Hukum umumnya untuk universitas Muara Bungo,”Ujar Nirmala Sari.

Bahwasanya di tahun-tahun sebelumnya sudah ada beberapa Datuk Rio yang bergabung menjadi mahasiswa di fakultas hukum, makanya untuk tahun ini kami mengundang Rio se- Kabupaten Bungo,yang mana maksud dan tujuannya ialah ingin memberikan pemahaman terhadap bagaimana prosedur kepemilikan tanah secara legalitasnya.

Nirmala Sari menghimbau kepada Datuk Rio “sebagai unsur terkecil di pemerintahan daerah untuk menambah kualitas tentang informasi dan pengetahuan tentang kepemilikan sertifikat tanah secara legal,”Kata Ketua Prodi Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo Nirmala Sari,SH.MH.

Dikatannya lagi sehingga nanti di masyarakat ketika Datuk Rio ini kan bukan hanya sekedar pemimpin di Dusun saja sebagai kepala desa, tetapi juga adalah kepala lembaga adat di dusunnya sendiri.

“Untuk itu harus memiliki pengetahuan yang luas terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, sehingga nanti ada sengketa tanah sedikit banyaknya yang ada di Kabupaten Bungo,”Tambah Nirmala Sari.

Sedikit banyaknya sengketa tanah di Kabupaten Bungo telah Datuk Rio harus memiliki pengetahuan yang luas, karena tadi di acara sosialisasi ini begitu animonya begitu besar mereka mengikuti sosialisasi ini.

“Sesuai dengan data banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang mereka tanyakan di sosialisasi tadi, sehingga durasi nggak begitu lama yang kami sediakan, jika ingin mengetahui hukum secara luas silahkan konsultasi oleh pihak Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo,”Terangnya.

Sekali lagi kami menghimbau kepada seluruh Datuk Rio yang ingin melanjutkan sekolahnya, silahkan daftar di Fakultas Hukum Universitas Muara Bungo.(FB)

News Feed