oleh

Limbur Lubuk Mengkuang Miliki 3 Jenis Kopi

Spread the love

FAKTA BUNGO – Kopi merupakan satu di antara minuman yang sering dihidangkan saat sedang nongkrong atau santai bersama teman. Masyarakat Indonesia memang suka bercengkerama dan mengobrol santai sambil menyeruput jenis minuman satu ini.

Namun, bagi sebagian orang, kopi bukan sekadar minuman saja. Di setiap cangkir dan tegukan kopi, mengandung filosofi yang mendalam. Makna sebuah kopi akan sangat mendalam apabila kita bertanya kepada mereka penikmat dan pencintanya. Bagi kalangan penikmat, kopi adalah sarana utama yang akan menawarkan berbagai kehangatan dan inspirasi.

Ternyata Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Provinsi Jambi juga tidak kalah dengan daerah lainnya, sudah banyak masyarakat yang tinggal di daerah kemarau PT. Tidar Kerinci Agung wilayah Jambi menanamkan jenis kopi, ada tiga macam jenis kopi yang di tanamkan oleh masyarakat di sana, pertama Robusta Lanang (Kopi Lanang), kedua Kopi Madu Limbur, ketiga Batang Kemarau.

Untuk panen kopi tersebut umur 36 bulan (Tiga Tahun) umur 3 tahun sudah panen raya untuk pengelolaannya petik merah sortir mengunakan air dan kemudian di kupas basah kemudian di permentasi selama 12 jam baru di jemur, setelah itu di kupas kering baru di sortasi akhir setelah itu baru di goreng atau di rosting mengunakan medium tidak terlalu gelap atau terang,

” Masyarakat yang tinggal di daerah kemarau dan talang palembang sudah banyak menanamkan kopi, baru 3 jenis kopi yang kita tanam. Robusta lanang (kopi lanang) Kopi madu limbur dan Batang kemarau,” Ujar petani kopi kemarau. Anton. (Gus)

News Feed