Lurah Cadika Kerjasama Dengan Dinkes Gelar Vaksinasi

Spread the love

FAKTA BUNGO – Kelurahan Cadika menggelar vaksinasi yang bekerjasama dengan Polres Bungo dan Tim Kesehatan, Selasa (09/11/2021).

Dikatakan Lurah Cadika Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Novi Satria, S. Sos bahwa dalam kegiatan vaksinasi hari ini Lurah Cadika ikut juga divaksinasi

dosis yang kedua.

“Ini merupakan tindak lanjut dari vaksin yang pertama kita di kelurahan Cadika untuk pertama kali pada tanggal 6 Oktober yang lalu dan pada waktu vaksin yang tersisa sekitar 308 dosis,” kata Novi Satria.

Untuk memastikan berapa lagi yang akan dipakai pihak kepolisian bekerjasama dengan kelurahan kita untuk percepatan vaksinasi secara nasional,” tambahnya.

Maka untuk vaksinasi yang kedua ini kita mencari lagi warga sasarannya yang memang belum vaksin untuk divaksinasi lagi pada tanggal 9 November 2021 dan Alhamdulillah mencapai 1008 dengan 1008 orang. Kegiatan tersebut dimulai dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 sore, dengan pencapaian vaksin sekitar 800 orang lebih. Untuk menyentuh angka 1.000 dosis, maka diadakan razia di depan kantor lurah dari jam 16.00 – 17.00 sore.

“Alhamdulillah sampai 17.00 Wib tercapai 1008 warga yang divaksin dan itu semua panitia pelaksana vaksinasi di Kelurahan itu disupport oleh Polres Bungo mulai dari mulai dari vaksin sampai tenaga-tenaga lain yang untuk mengatur vaksin dan ada pemberian sembako,” tutur Novi Satria.

Tampak hadir pada kegiatan ini Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputri, S.I.K, MH, Waka Polres Bungo Kompol Ridwan JM Hutagaol S.I.K MH, Ketua Angkatan 1997  Aiptu Alpan Rizal, Seluruh Personil Angkatan 1996 Ikabamas dan  Seba PK Polri 1997 Nusantara (LIBAS) Polres Bungo, Kapolsek Muara Bungo IPTU Ivan Rifai Beserta Anggota Polsek Muara Bungo, Camat Rimbo Tengah Dra. Novalia Eka Putri, Lurah Cadika Novi Satria, S.Sos beserta pegawai dan PKK Lurah Cadika, Tim Vaksinasi Klinik Bhayangkara Polres Bungo maupun Nakes Bungo, Bintara Remaja Polres Bungo (Tim Entri Data), Relawan Nakes Mahasiswi Akbid Amanah Muara Bungo.

Jumlah petugas Vaksinator sebanyak 12 orang, warga yang registrasi sebanyak 1.010 orang, Pcare  sebanyak 900 orang, Manual sebanyak 108  orang, Divaksin sebanyak 1.008  orang, Tunda sebanyak   2  orang, Tidak diberikan 0 orang, KIPI juga 0 orang.

Kemudian yang divaksin untuk DOSIS-1  sebanyak 707 Orang fan DOSIS-2 sebanyak 301 Orang.

Adapun rinciannya yaitu Masyarakat Umum untuk Dosis 1 sebanyak 572 Dosisdan Dosis 2 sebanyak 235 Dosis. Untuk Remaja Dosis 1 sebanyak 117 Dosis, Dosis 2 sebanyak 57 Dosis. Lansia Dosis 1 sebanyak 18 Dosis dan Dosis 2 sebanyak 9 Dosis.

 

Kemudian jenis Vaksin yaitu

 

Sinovac.        :  886 dosis

Moderna.      :  42 dosis

Astragenesa : 80 dosis

Dijelaskan Lurah Cadika Novi Satria selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar aman dan tertib serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sekedar Himbauan untuk Ibu Hamil :

Vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil (Bumil). Setiap mau di vaksinkan terlebih dahulu akan di screaning.

Bumil diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

 

Adapun Syarat Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir.(FB)