Bersama Bupati Dan Wakil Ketua I DPRD Bungo, Dinas TPH & Bun Panen Padi Sawah Seluas 15 Ha. Di Dusun Sungai Telang

Gambar : Panen Padi Sawah Di Dusun Sungai Telang

FAKTA BUNGO – Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E bersama dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan memberikan alat alsintan kepada kelompok tani dan panen padi bersama di Dusun Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua I DPRD Bungo, Staf Ahli Bupati, Asisten, Para Kabag ,Camat, Kapolsek, Danramil, Datuk Rio Se Kecamatan Bathin III Ulu, Ketua BPD, Penyuluh Pertanian beserta petani.

Bacaan Lainnya

Bupati Bungo H.Mashuri Dalam Arahannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bungo menaruh perhatian penting terhadap upaya-upaya dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat, dengan cara pemberian bantuan alsintan kepada kelompok tani dan juga panen padi sawah bersama seluas 15 Ha.

” Kegiatan ini merupakan, bentuk komitmen pemerintah daerah dalam rangka membantu dan memberikan dukungan kepada petani, guna mengolah dan mengelola lahan pertanian, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya produktif.,”Ujar Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), juga senantiasa berusaha untuk menjaga daya beli masyarakat sekaligus membantu ekonomi masyarakat yang kurang mampu dalam penyediaan kebutuhan pokok dan penting sehari-hari.

“Hal ini diperlukan agar bahan pokok dan penting (bapokting) itu selalu tersedia dalam jumlah yang memadai dan harga yang terjangkau. Upaya pemenuhan kebutuhan pokok dan penting itu, juga selaras dengan upaya kita bersama untuk mencapai salah satu target Indikator Kinerja Daerah (IKD), yaitu Prevalensi balita.,”Kata Bupati, Rabu (31/05/2023).

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi,S.P.,M.Si dalam sambutannya juga mengatakan, Data Baku lahan sawah di Kecamatan Bathin III Ulu seluas 706 Ha. Terdiri dari

 

– Dusun Sungai Telang Seluas 105 Ha.

– Dusun Laman Panjang Seluas 120 Ha.

– Dusun Timbolasi Seluas 87 Ha.

– Dusun Muara Buat Seluas 45 Ha.

– Dusun Buat Seluas 114 Ha.

– Dusun Karak Seluas 99 Ha. Dan

– Dusun Senamat Ulu Seluas 91 Ha.

Indeks penanaman (IP) antara 250-300 per tahun, namun produktivitas rata-rata masih rendah yaitu 3,9- 4,6 ton/Ha. Adapun kegiatan padi sawah yang di alokasikan di Kecamatan Bathin III ulu ini adalah

 

Padi Bio Carbon Fun (Bio CF) seluas 285 Ha.

Padi Ramah Lingkungan (APBD I) seluas 300 Ha.

Padi Sawah (APBD II) Seluas 56 Ha, dan

Bantuan pupuk NPK Phonska plus sebanyak 3.100 kg untuk 62 Ha @50kg/Ha.

Untuk menunjang Pajale tahun 2023, pada bidang tanaman pangan telah di alokasikan berbagai kegiatan baik itu bersumber dari APBN, APBD Provinsi Jambi, maupun APBD Kabupaten Bungo.

 

Pos terkait