Terkait Dugaan Kredit Fiktif, LSM Inakor Datangi Bank BRI Syariah

BUNGO341 views
Spread the love

FaktaBungo.com – Berikan pendampingan kepada masyarakat Kabupaten Bungo dalam kasus dugaan pemakaian dokumen serta data pribadi sebagai bahan pengajuan kredit fiktif

LSM INAKOR Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Jambi menggelar Aksi Unjuk Rasa di depan kantor cabang BRI Syariah Muara Bungo, Senin (27/07).

Aksi demo sejumlah anggota LSM tersebut dengan beberapa tuntutan yang belum terpenuhi terkait permohonan salinan Perjanjian Kredit (PK) serta salinan dokumen History Payment atas nama dua orang masyarakat yang telah memberikan kuasa penuh dan diduga telah menjadi korban pemakaian dokumen pribadinya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Setelah menyampaikan orasinya, selanjutnya beberapa perwakilan dari LSM INAKOR dipersilahkan untuk melaksanakan audiensi bersama pimpinan BRI Syariah Muara Bungo.

FahlefiS.IP selaku Korwil Provinsi jambi sekaligus Korlap Aksi menyampaikan, sebagai lembaga sosial kontrol masyarakat pihaknya akan terus mengawal dugaan kasus tersebut hingga tuntas.

“Aksi hari ini kami gelar supaya ada kejelasan dalam dugaan kasus ini, jika ini memang terjadi berarti ada kelalaian pihak Bank dalam memenuhi unsur kehati-hatiannya,” ucap Korwil LSM INAKOR Jambi.

Selain itu Fahlefi juga mengatakan, permohonan salinan dokumen yang dimintainya tersebut sebagai bahan awal dalam mengungkap dugaan kecurangan yang dilakukan oknum-oknum yang bersekongkol dalam memuluskan aksi tersebut.

“Kami tidak ingin masyarakat bungo menjadi korban dalam dugaan kasus ini, jika belum juga mendapatkan kejelasan besar kemungkinan kami akan menggelar aksi lanjutan,” tegasnya.

Sementara itu, Kukuh selaku Kepala Cabang BRI Syariah Muara Bungo yang belum genap satu bulan menjabat setelah menggantikan posisi pimpinan sebelumnya juga mengatakan, pihak nya saat ini sedang melakukan audit internal dalam mengungkap  dugaan tersebut dan pihaknya sangat merespon baik tuntutan dari LSM INAKOR.

“Namun kita masih meneruskan apa saja yang menjadi tuntutan dari LSM INAKOR selaku pemegang kuasa dari masyarakat kepada pimpinan di pusat dan hasilnya nanti akan kami sampaikan secara langsung atau melalui surat,” ucapnya. (Red)