Sungai Batang Asam Meluap Mengakibatkan Akses Lumpuh Total

DAERAH, PERISTIWA497 views
Spread the love

FAKTABUNGO – Tinggi nya curah hujan yang mengguyur wilayah jujuhan dan jujuhan ilir beberapa hari ini membuat debit air sungai batang asam dan sungai batang jujuhan sudah mulai peningkatan.

Seperti yang terpantau oleh media ini pada hari sabtu 8 Februari 2020 Untuk sungai batang asam sudah mulai merendam jembatan beton Dusun tanjung belit satu ruko warga atas nama Nawawi warga rt 03 sudah terendam banjir setinggi satu meter barang-barang jualan milik Nawawi terpaksa di pindahkan ke tempat yang lebih aman.

Jembatan beton biasa nya yang akses jalur penyebrangan pun sudah tenggelam kendaraan roda dua mupun roda empat lumpuh total.

Begitu pasar Pagi Tanjung belit pun sudah mulai terendam banjir para pedagang sudah mengosongkan lapak jualan untuk menghindari akan terjadi kenaikan lagi debit Sungai Batang Asam.

Satu-satu akses yang bisa di lewati kendaraan roda dua hanya di jembatan gantung,untuk jembatan rangka yang baru di siap dibangun belum boleh di lewati kendaraan roda empat kalau roda dua harus hati.

Jonri yusren selaku rio Tanjung belit mencoba menghubungi dinas pu mengatakan pada media ini mengatakan”untuk jembatan rangka beton belum bisa dilewati kendaraan roda empat kerena belum serah terima.

Menunggu peresmian di akhir bulan Februari 2020 nanti sekarang satu-satu akses kendaraan roda empat harus melewati jalan TKA atau lewat jalan pt.kim tembus ke Tanjung belit dan kecamatan asam jujuhan,”ungkap Jonri yusren.

Untuk di pulau jelmu sebagian rumah penduduk di dekat kantor rio sudah mulai air masuk ke pemukiman warga dan warga pun sudah mulai memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih aman.

camat jujuhan Syafrizal se ketika di hubungi media ini mengatakan”kami harap pada masyarakat yang rumah terkena akibat banjir agar selalu waspada jika perlu cari tempat pemindahan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi.

Kami harap masyarakat tetap waspada karena curah hujan sangat tinggi akhir-akhir ini debit sungai batang asam juga sungai batang jujuhan sudah meningkatkan kita selalu siaga.

kami dari pihak kecamatan akan selalu koordinasi dengan para rio-rio laporan nya juga kami juga akan koordinasi dengan dinas penanggulangan bencana Daerah Bungo.

Mudah-mudah kita berdoa tidak terjadi musibah banjir”ungakp camat jujujan

 

Reporter : Azhar